Loading... Please wait
CARA-CARA MENGKONEKSIKAN KOMPUTER DENGAN INTERNET

1. Contoh Jaringan Internet
Komputer semua harus dikoneksikan melalui suatu alat baik itu melalui MODEM dial up, ADSL, Cable, Radio, Wave , Satelite dan handphone ] Penerima dan pemakai semua terhubung melalui alat-alat seperti diatas. dan harus berlangganan dengan salah satu provider yang menyediakan internet (ISP / Internet Service Provider)




Gambar 1: contoh koneksi internet
2. Berbagai Jenis Koneksi internet pada umumnya
Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider. max Kecepatan 56kb.




Gambar 2: dial up koneksi
Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider untuk 24 jam online [ no limit ]. kecepatan mulai dari 64kb - 256kb.



gambar3: broadband konektion
ADSL = Menghubungkan stemr ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet dengan ystem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512kb.

Gambar 4: ADSL koneksi
HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb - 2mb.



Gambar 5: contoh alat untuk koneksi handphone
3. Cara koneksi melalui dial-up

Anda telah mengerti internet dan ilustrasi jaringannya, kini bagaimana Akses / connect ke internet?? Cara termudah adalah dengan melalui jaringan telepon. dan ISP yang kita gunakan adalah telkom, karena dengan menggunakan telkom Anda tidak perlu register ke ISP lagi. ISP di Indonesia seperti CBN, Centrin, Radnet, linknet, dll...
Namun biasanya menggunakan ISP koneksi internet dapat lebih cepat dan leibh murah. Disini kami akan memberikan contoh langsung akses melalui telkomnet Langkahnya adalah sebagai berikut :

Telah tersedia modem di komputer Anda, jika belum Anda dapat membelinya. Untuk saat ini sudah cukup murah yaitu berkisar dibawah 100rb-an sudah dapat. Modem Dial-up v9 56kb.Jaringan Line telepon dari telkom / bukan ratelindo dan lainnya....

Kemudian setting di PC Anda adalah di set new connection dan pilih internet with dial up connection Isi dibawah ini [yang lain tidak perlu di isi selain yang tertulis dibawah ini]
Nomor Akses : 0809 8 9999
User Name : telkomnet@instan
Password : telkom
cukup dengan nomor dial up username dan password, langsung Anda dapat connect ke internet :
• Tarif berkisar : Rp 165,-/menit (sudah termasuk pulsa telepon+ Internet)
• Kecepatan max : 56 Kbps (V.90)

Apakah jaringan telepon saya sudah bisa akses Telkomnet Instan ?
Cukup mudah untuk mengetahuinya. Angkat telepon, terus tekan 0809 8 9999 dan tunggu beberapa puluh detik. Jika terdengar bunyi modem (seperti suara faks), maka Anda dapat langsung masuk dunia cyber. Jika belum punya komputer, belilah komputer termasuk modem V.90. Jangan lupa minta toko komputer untuk sekaligus setting Telkomnet Instan. Apabila Anda

4. Cara koneksi melalui handphone
Anda dapat mendownload file dibawah ini untuk mengetahui cara connect internet dengan menggunakan jaringan handphone khususnya CDMA.
Guide Nokia 2115 atau 2116 Nokia_2115_2116.pdf [1,4mb]
Guide Nokia 6585 Nokia_6585.pdf [2mb]
Nokia Cable Compatible list nokia_cable_compatible.doc [358kb]
Driver modem hp untuk tipe cdma standart nmpCDMA1xRTT.inf [27kb]
Driver modem hp untuk tipe hp cdma 2000 1x nmpCDMA2000_1x.inf [27kb]

Untuk saat ini ada 4 CDMA di Indonesia yang dapat digunakan
Star one = Username : startone | Password : indosat
Flexy = Username : telkomnet@flexi | Password : telkom
Fren = Username : m8 | Password : m8
Esia = Username : esia | Password : esia. Semuanya menggunakan nomor dial yang sama yaitu #777 .

sumber

Masukkan alamat email kamu disini:

Posting Keren Lainnya : Bloggeron

0 komentar:

:f :D :x B-) b-( :@ x( :? ;;) :-B :| :)) :(( =(( :s :-j :-p :-o :-g :-x

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

newtab

Follower

Blog Archive