Loading... Please wait

MAKNA TATO..??



Membaca berita di website VOA kamis,16 pebruari 2012 tentang MenghapusTato, Trend Baru di Kalangan Kawula Muda Amerika,.Banyak anak muda yang mengikuti perkembangan tentang Gaul atau trend.
Pengguna tato bisa menunjukkan beberapa hal kepada orang lain dengan beberapa hal melalui tatonya.mungkin perasaan yang disadari oleh pemilik tato untuk meletakkan tatonya pada bagian tubuh yang strategis seperti lengan , kaki penggung leher bahkan bagian dada.sebagai contoh artis Indonesia.
Tato era kuno dulu tato digunakan sebagai nilai religious dan magis pada masyarakat suku pedalaman tetapi sekarang sudah bergeser dan masuki nilai antroposentris.pergeseran inilah yang menjadikan tato sebagai wilayah antara moralitas tubuh ,identitas tubuh,hingga solidaritas tubuh.pada akhirnya tato dipandang dan diklaim bahwa tato adalah cap penjahat,bajingan,dan asosia buruk lainnya.




Bagi orang mentawai tato mengisyaratkan roh kehidupan.tato memiliki empat kedudukan pada masyarakat ini,salah satunya adalah menunjukkan jati diri dan perbedaan status social atau profesi.Tato dukun sikerei ,misalnya, berbeda dengan tato ahli berburu.ahli berburu dikenal lewat gambar binatang tangkapannya,seperti babi rusa ,kera,burung atau buaya.





Dalam keyakinan masyarakat Dayak,contohnya bagi dan Dayak Kayan,tato adalah wujud penghormatan kepada leluhur.Di kedua suku itu,menato diyakini sebaggai symbol dan sarana untuk mengungkapkan penguasa alam.tato juga mampu menangkal roh jahat,serta mengusir penyakit ataupun roh kematian.Dimasyarakat Iban tato menggambarkan status social.Kepala adat ,kepala kampong, dan panglima perang menato diri dengan symbol dunia atas.simbol dunia bawah hanya menghiasi tubuh masyarakat biasa.




Dalam era modern terutama pada masyarakat luar negeri tato diartikan sebagai seni atau ‚‘‘art’’.Tetapi pada kenyataannya pandangan masyarakat tentang tato adalah buruk.Didalam dunia kesehatan , fakta menunjukkan bahwa orang yang bertato memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan berbagai jenis penyakit di bawah ini secara gratis:
HIV / AIDS
- Hepatitis B dan C
- Tetanus
- Abses atau bisul bernanah
- Infeksi kronis
- Migrain
- Gangguan syaraf
- Systemic lupus erythematosus atau penyakit Lupus
- Dan berbagai macam jenis penyakit lainnya

<div style="float:left;">





     
            Tidak percaya? Ingin kisah nyata? Alright, check this out! Bagi para penggila sepakbola, terutama liga Inggris, pastinya tau dong dengan pemain Club Arsenal yang bernama Karl Fredrik Ljungberg? Pemain berkebangsaan Swedia ini selalu menjadi andalan Arsene Wenger (pelatih Arsenal) di skuad berjuluk The Gunners tersebut. Namun sejak beberapa tahun belakangan ini nama Ljungberg sudah tidak pernah terdengar di jagat persepakbolaan karena sang pelatih sudah jarang memainkannya dan praktis Ljungberg hampir selalu duduk di bangku cadangan.
       Alasan Arsene Wenger tidak mau memainkan Ljungberg sederhana saja: karena sang pemain kerap terserang sakit kepala (migrain) secara tiba-tiba, dan hebatnya, penyakit itu datang tanpa sebab. Terkadang datang saat latihan dan terkadang datang di saat sedang dalam pertandingan. Tim dokter Arsenal juga tidak dapat mendeteksi asal muasal penyakit migrain yang sering datang kepada Ljungberg. Setelah kurang lebih dua tahun melakukan riset mendalam, akhirnya tim dokter menemukan sebabnya, yaitu berasal dari tinta tato yang ada di tubuhnya!
       Ljungberg yang juga model Calvin Klein dan memang terlihat macho itu menambah kemachoannya dengan mentato dua macan kumbang di tubuhnya, yang masing-masing berada di punggung serta perutnya. Awalnya memang terlihat macho, tapi ternyata, resiko yang ditimbulkan sangat besar. Menurut tim dokter, tinta tato yang berada di dalam tubuh bereaksi terhadap jaringan getah bening yang ada di pinggang sehingga menyebabkan peradangan pada jaringan syaraf, yang berakibat pada migrain yang dideritanya dan bahkan beresiko kanker. Jadi, boro-boro terlihat macho, yang ada karir sepakbolanya tamat hanya karena tato “duo macan” itu. Bahasa arabnya, “khalas!” alias tamat / selesai.



Masukkan alamat email kamu disini:

Posting Keren Lainnya : Bloggeron

0 komentar:

:f :D :x B-) b-( :@ x( :? ;;) :-B :| :)) :(( =(( :s :-j :-p :-o :-g :-x

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

newtab

Follower

Blog Archive